Friday, February 28, 2014

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)



LAPORAN MAHASISWA
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PADA PT.PLN(PERSERO) WIL.SULSEL,SULTRA & SULBAR
AREA BULUKUMBA



 


   OLEH

NAMA           : A. NURFAIZAH 
  NIM               : 24. 12. 0817. 0632

PROGRAM MULTI PROFESI SATU TAHUN
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, KOMPUTER DAN AKUNTANSI (PIKA)
YPA-HANDAYANI BULUKUMBA
TAHUN AKADEMIK  2012/2013


HALAMAN PERSETUJUAN
  
Pembimbing yang ditujukan berdasarkan surat keputusan direktur YPA-Handayani Cabang Bulukumba Nomor SK :063/YPA-H/BLK/DR/SK-V1/2013, 

untuk membimbing saudari

Nama                     : A. NURFAIZAH
Nim                       : 24. 12. 0817. 0632
Jurusan                  : Pendidikan 
Bahasa Inggris, Komputer dan Akuntansi (PIKA)
Program Study      : Pendidikan Multi Profesi Satu Tahun
Tempak Praktek    : PT.PLN (Persero) Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar.
            
Menyatakan bahwa laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini telah diperiksa dan dapat diujikan didepan panitia Laporan Praktek Kerja Lapangan  (PKL) Mahasiswa Program Pendidikan Multi Profesi Satu Tahun yang setara dengan Diploma Satu (D1) pada YPA-Handayani Bulukumba.
Bulukumba, 16 Agustus 2013

Pembimbing Kampus  



AHMAD DAHIR, SS
 
AHMAD DAHIR, SS
  i

HALAMAN PENGESAHAN
Telah diterima dan diajukan oleh pembimbing Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kantor PT. PLN (Persero) Area Bulukumba dan tim penguji dari pendidikan Bahasa Inggris, Komputer dan Akuntansi. Yayasan Pendidikan Alifuddin (YPA) Handayani Program D1 untuk memenuhi syarat-syarat menyelesaikan pendidikan pada YPA-Handayani Bukukumba Tahun Ajaran  2012 / 2013.
Bulukumba, 16  Agustus  2013

MENGESAHKAN

                         Manajer PT.PLN.         (Persero)                          
Pembimbing Instansi Area
Spv. Adm & Umum


  Ir. FERIAL MARICAR,MM.MSc                                    Alimuddin Laseke
Mengetahui
YPA- Handayani Bulukumba
Direktur  Utama


AHMAD DAHIR, SS
 ii

KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr. Wb
            Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat Rahmat dan Hidaya-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini untuk memenuhi salah satu  syarat dalam menyelesaikan study pada Program Multi Profesi Pendidikan Bahasa Inggris, Komputer dan Akuntansi (PIKA) setara dengan Diploma Satu (D1) pada Lembaga  Pendidikan YPA-Handayani.
            Terwujud Laporan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah berkat bantuan, dukungan dan saran dari berbagai pihak yang telah tersedia melakukan waktunya dalam membimbing kami baik secara langsung maupung tidak langsung. Maka patutlah sekiranya bila kesempatan ini penulis juga mengucapkan banyak terimah kasih kepada :
1.      Bapak DR. H. Moh.Alifuddin, S.Sos, MM, selaku pendiri yayasan YPA- Handayani Bulukumba.
2.      Ibu Ferial Maricar, selaku Manajer PT. PLN (Persero) Area Bulukumba yang telah menerima kami PKL di PT. PLN Area Bulukumba.
3.      Bapak Alimuddin L, selaku Pembimbing Instansi Praktek Kerja Lapangan
4.      Bapak Lahman L, selaku Pembimbing Teknis Praktek Kerja Lapangan.
5.      Bapak Ahmad Dahir, SS, selaku Direktur YPA- Handayani Bulukumba.
6.      Ibu Irnawati Bakri, SE, selaku dosen kampus YPA- Handayani Bulukumba.
7.      Ibu Andi Resky, selaku dosen bahasa inggris di kampus YPA-Handayani
8.      Bapak Yusman, selaku dosen komputer di kampus YPA-Handayani.
9.      Bapak Jamaluddin, selaku dosen komputer di kampus YPA-Handayani
10.  Seluruh staf PT. PLN (Persero) Area Bulukumba.
11.  Seluruh staf dan Instruktur YPA-Handayani Bulukumba yang selalu memberikan dorongan dan semangat kepada penulis.
12.  Rekan-rekan Mahasiswa / Mahasiswi yang memberikan bantuannya dalam menyelesaikan laporan ini.
13.  Orang-orang takkan terlupakan dalam hidup penulis, yaitu : kedua orang tua penulis yang telah merawat, memberikan dukungan, Do’a restunya baik moral maupun material.
Penulis menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna dalam hidup ini, demikian dalam laporan  ini. Masih terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan mengingat segala keterbatasan kami. Oleh karna itu, penulis sangat mengharapkan keritik dan saran yang bersifat membangun bagi kita semua khususnya bagi pembaca dan terhusus lagi bagi penulis sendiri, demi kesempurnaan kedepanya.
Wassalam.
Bulukumba, 16  Agustus 2013


                                                                                                                    A.NURFAIZAH
iii

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL ...........................................................................
HALAMAN PERSETUJUAN ........................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ................................................................................... iii
DAFTAR ISI ................................................................................................... v
BAB I        PENDAHULUAN .........................................................................
1.1.  Latar Belakan Praktek Kerja Lapangan ................................ 1
1.2.  Tujuan Praktek Kerja Lapangan ............................................ 2
1.3.  Sistem Penyusunan Laporan ................................................. 2
BAB II       GAMBAR UMUM PT.PLN (PERSERO) AREA BULUKUMBA     
                   2.1.  Sejarah Terbentuknya PT.PLN (Persero)............................... 3
                   2.2.  Fungsi Pokok PT.PLN (Persero) ........................................... 7
                   2.3.  Struktur Organisasi ............................................................... 8
                   2.4.  Tugas Pokok ........................................................................ 11
BAB III     KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN SOLUSINYA .......................................................................
                   3.1. Kendala ................................................................................ 16
                   3.2.  Solusi ................................................................................... 16
BAB IV     PENUTUP .............................................................................
                   4.1.  Kesimpulan ......................................................................... 17
                   4.2.  Saran ................................................................................... 17
LAMPIRAN
                   DAFTAR KEGIATAN
                   DOKUMENTASI
                   LEMBAR PENILAIN
                   BIODATA

iv


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.          LATAR BELAKANG  PKL
Di Era Globalisasi pada saat sekarang ini membawa dampak ganda, disatu sisi membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama saling mengisi  dan saling melengkapi demi kepentingan bersama pihak yang  bekerjasama, disisi lain Era Globalisasi ini juga sekaligus melahirkan situasi persaingan yang semakin tajam.
Faktor  utama untuk menghadapi persaingan itu dalam Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga masalah ini sangat perlu mendapat perhatian diberbagai kalangan. Oleh karna itu, untuk menjawab tantangan Era Globalisasi maka perlu memobilisasi segala sumber-sumber yang ada termasuk didalamnya Sumber Daya Manusia (SDM).
Salah satu lembaga swasta yang mendidik dan membina Sumber Daya Manusia dengan berbagai keterampilan dan keahlian adalah lembaga pendidikan dan profesi satu tahun YPA-Handayani Bulukumba, dimana lembaga ini menyiapkan tenaga-tenaga profesional dibidang Komputer, Bahasa Inggris dan Akuntansi yang sangat dibutukan diberbagai aspek kerja.
Program satu tahun setara Diploma Satu (D1) yang dilaksanakan diberbagai kantor pemerintah maupun kantor swasta. Dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu syarat penyelesaian pendidikan untuk memperoleh ijazah Diploma Satu (D1) di YPA-Handayani Bulukumba.


1.1.          MAKSUD DAN TUJUAN PKL
Maksud dengan adanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah agar para praktikan dapat mengetahui dunia kerja perkantoran dan lebih mandiri dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Tujuan dengan di adakannya (Praktek Kerja Lapangan) PKL adalah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari YPA-Handayani Bulukumba dengan baik dan tepat, serta memahami dunia pekerjaan sekaligus dapat menambah wawasan kita.
1.2.       SISTEMATIKA PENYUSUNAN LAPORAN
BAB 1  :     Terdiri dari Pendahuluan yang didalamnya terdapat latar  belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL), Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Lapangan dan Sistematika Penyusunan Laporan.
BAB II  :    Terdiri dari Gambaran Umum PT. PLN (Persero) Bulukumba yang didalamnya terdapat Sejarah PT. PLN (Persero) Area Bulukumba, Fungsi Pokok PT. PLN (Persero) Bulukumba, Struktur Organisasi dan Tugas Pokok PT. PLN (Persero) Area Bulukumba.
BAB III:    Terdiri dari kendala-kendala dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang didalamnya terdapat Kendala dan Solusi.
BAB IV:    Terdiri dari penutup dimana didalamnya terdapat Kesimpulan dan Saran.


BAB II
GAMBARAN UMUM
PT. PLN (PERSERO) AREA BULUKUMBA
2.1.      SEJARAH  PT. PLN (Persero)
                       Perlistrikan yang pertama dibangun di kota ini yang dahulunnya disebut kota Makassar adalah sekitar tahun 1914 dengan menggunakan mesin uap yang berlokasi di pelabuhan, dimana penyalurannya masih sangat terbatas.
                        Dengan demikian meningkatnya permintaan, maka pada tahun 1925 dibangun Pusat Listrik Uap (PLTU) yang berlokasi di tepi sungai Jeneberang Pandang-pandang Gowa, dengan kapasitas 2 x 1000 KVA yang dikelolah oleh perusahaan NV. Nederlan Indishe Gas Electiciteit Maatshappy (NIGEM). Selanjutnya pada tahun 1946 disusul pembangunan Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTA) yang berlokasi di Bontoala Makassar.
                        Perlistrikan di kota Makassar yang tadinya dikelolah oleh NV> NIGEM  telah dialihkan  ke NV. Ovessese gas dan Eletriciet Maatshappy (OGEM) pada tahun 1949, akan tetapi dengan keadaan negara dalam menghadapi perjuangan penbebasan Irian Jaya kepada Negara Republik Indonesia dimana pemerintah Republik Indonesia telah memutuskan hubungan ekonomi dengan Belanda, maka pelistrikan yang dahulunya 

undang-undang Nasional Perusahaan Belanda (UU No. 76 Thn 1958) yang berlaku sejak tanggal 3 Desember 1971. Untuk selanjutnya pelistrikan diserahkan kepada Perusahaan Listrik Negara yang kemudian dikenal dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Makassar sedangkan daerah diluar kota Makassar perlistrikan ditangani oleh perusahaan daerah, dalam hal ini dilaksanakan oleh PT. MPS.
                        Pada tahun 1961, pusat pembentukan PLN Eksploitasi VI dengan wilayah kerjanya meliputi daerah DULSELRABAR yang berkedudukan di Makassar. Dalam periode yang sama terbentuknya Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang luar kota yang mengelolah perlistrikan di kota-kota : Majene, Bantaeng, Watampone dan Palopo dimana kelima daerah tersebut Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya menangani pembangkitannya saja.
                        Perusahaan Listrik Negara (PLN)  pusat memiliki peranan untuk mengembangkan perlistrikan di Indonesia, selanjutnya dikeluarkan surat edaran No. 078/PST/1967 tentang klasifikasi bagi kesatuan-kesatuan listrik Negara. Dengan adanya surat edaran tersebut maka Perusahaan Listrik Negara (PLN) Eksploitasi VI mengeluarkan surat keputusan No. 001/E.VI/1968 tanggal 6 Januari 1968 yang membubarkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang luar kota dan pengaturan segala sesuatunya diserahkan untuk ditangani oleh PT. PLN Eksploitas VI.
                        Pada tahun 1971 untuk wilayah kerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) Eksploitas VI di Sulewesi Selatan dan tenggara perlistrikan benar-benar dikelola Perusahaan Listrik Negara (PLN) dibawah taktik Perusahaan Listrik Negara (PLN) Eksploitas VI Cabang Makassar dan Watampone. Pengelolaannya secara bersama antara PLN dengan PT.MPS.
                        PT.PLN (Persero) Wilayah VIII Cabang Bulukumba sebelumnya adalah PT. PLN Ranting Bulukumba oleh PT. PLN (Perssero) Wilayah VIII Cabang Watampone sampai dengan tanggal 1 Oktober 1982 dengan membawahi beberapa Ranting yakni : Jeneponto, Bantaeng, Sinjai dan Selayar. Pada tahun 1995 mengalami penambahan tentang pembentukan Ranting : Tanete dan Kalumpang.
                        Pada Tahun 1972, ketika pemerintah memberikan keleluasaan penuh pada Perusahaan Lisnrik Negara (PLN) maka lokasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada waktu itu berada dikampung Loka. Seiring perjalanan waktu, perkembangan kota yang semakin pesat dan akibatnya banyak penduduk yang pindah ke kota menyebabkan Kepala Cabang Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bulukumba akhirnya didapatlah suatu tempat yang strategis yaitu 3 Km dari arah utara jangtung kota Bulukumba, Jln. Lanto Dg. Pasewang. Setelah mengadakan konfirmasi dengan para staf pegawai Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah VIII. Maka pada Tahun 1992 secara resmi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah VIII Cabang Bulukumba berpinda lokasi dari kampung Loka ke Jl. Lanto Dg. Pasewang.
                        Dari tahun ketahun, seiring perkembengan zaman dan semakin majemuknya masyarakat, mengakibatkan lajunya permintaan Tenaga Listrik dan disamping itu Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga sebagai pelayanan jasa terhadap masyarakat, maka Perusahaan Listrik Negara (PLN) semakin berpacu untuk dapat membantu melayani masyarakat disamping untuk memasok aset dibidang tenaga listrik tersebut.
                        Oleh karena itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam beberapa tahun terakhir  ini setelah berubah statusnya dari perum (Perusahaan Umum) menjadi Perseroan dan sejalan dengan perubahannya pula status Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bulukumba dari Ranting menjadi Cabang, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah 11 (Seblas) kali terjadi pergantian kepala Cabang yaitu :
1.      F. Samuel Doko                            : Periode 1981-1985
2.      H. Muh. Amin                               : Periode 1985-1992
3.      Ir. Nurjaya Amal                           : Periode 1992-1994
4.      Ir. Rosulong                                  : Periode 1994-1998
5.      Ir. Heru Sutrisno                           : Periode 1998-2000
6.      Drs. Mus. Munief Budiman          : Periode 2000-2004
7.      Sudjarwo, ST                                : Periode 2004-2005
8.      Usman Colleng, ST                       : Periode 2005-2008
9.      Wawan Gunawang, ST                 : Periode 2008-2011
10.  Priyo Wurianto                              : Periode 2011-2013
11.  Ir. Ferial Maricar, MM. MSc.        : Periode 2013 Sampai Sekarang
Perubahan mekanisme kerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) hampir setiap tahun berubah-ubah tergantung kebajikan yang ditentukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sulsel & Sultra.
Demikianlah sejarah berdirinya Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Sulsel & Sultra Area Bulukumba.
2.2       Fungsi Pokok PT. PLN (Persero) Area Bulukumba
Untuk mencapai fungsi pokok dan sasaran yang ingin dicapai oleh PT. PLN (Persero), maka dengan itu PT. PLN (Persero) Area Bulukumba menjalangkan Visi & Misi.
            Adapun Visi & Misi Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai berikut :
2.2.1.   Visi
            Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani.
2.2.2.   Misi
2.2.2.1.   Menjalangkan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang              terkait berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
2.2.2.2.       Menjadilan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
2.2.2.3.       Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
2.2.2.4.       Menjalangkan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Untuk mewujudkan Visi & Misi tersebut Perusahaan Listrik Negara (PLN) menganut beberapa nila-nilai yaitu :
1.             Saling percaya
2.             Integritas
3.             Peduli
4.             Pembelajaran
Adapun motto Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang dipegang sampai sekarang ini yaitu : “Listrik Kehidupan Yang Lebih Baik (The Elecricity For A Better Life)” dengan demikian Perusahaan Listrik Negara (PLN) mempunyai tugas pokok yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen demi tercapainya kesejahteraan bersama.
2.3.         Struktur Organisasi
Sebagai suatu organisasi Perusahaan PT.PLN (Persero) memiliki struktur organisasi yang jelas yang menggambarkan wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing bagian yang tercakup dalam organisasi tersebut.
Srtuktur PT.PLN (Persero) Area Bulukumba merupakan struktur yang jelas dan kongrit dimana semua lingkup kerja tergambar.
2.2.         Tugas Pokok PT. PLN (Persero)
Pengelolah pelaksanaan kerja pada PT. PLN (Persero) Area Bulukumba berlangsung secara rapi dan terformat yang mana kepala kantor bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan kerja, dalam pelaksanaan kerja manajer Arae membawahi tiga kepala bagian, kepala bagian membawahi beberapa kepala seksi yang berperan aktif dalam penyesuaian pekerjaan tugas itu dapat dirinci sebagai berikut :
2.4.1.   Uraian Tugas Pokok
                                    Bagian-bagian dari struktur PT. PLN. (Persero) Area Bulukumba mempunyai peranan dan fungsi masing-masing yang terangkum dalam uraian berikut ini.
2.4.1.1.       Manajer Area
                                     Mengendalikan kegiatan pelayanan pelanggan, pengoperasian serta pemeliharaan distribusi dan pembangkitan, serta administrasi dan keuangan untuk menunjang pencapaian sasaran kinerja perusahaan.
2.4.1.2.       Asisten Manajer Jaringan
Melaksanakan koordinasi dan pengendalian fungsi distribusi, koordinasi dan pembangkitan (lisdes) untuk   
pencapaian target kinerja antara lain susut, saidi, saifi, tara, kaloriI, oaf, terbit administrasi, waktu, biaya dan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Jaringan.

2.4.1.2.1.      Supervisor Operasi Jaringan
Melakukan koordinasi dan   pengenda-lian pendistribusian energi listrik secara terus menerus dan pencapaian target kinerja SAIDI / SAIFI serta energi tak tersalur.
2.4.1.2.2.      Supervisor Pemeliharaan Distribusi
Mengkoordinasi dan mengawasi pelaksanaan pemeliharaan jaringan distribusi serta perbaikan gangguan jaringan agar keandalan sistem pendistribusian tenaga listrik tetap terjaga.
2.4.1.3.       Asisten Manajer Transaksi Energi
      Listrik mengkoordinasi perencanaan, pengoperasian dan pemeliharaan Analis      Pelayanan Pelanggan (APP), menjaga ketersediaan dan keandalan Analis Pelayanan Pelanggaran (APP) sesuai standar yang berlaku, mengendalikan kegiatan pelayanan pelanggaran, pengoperasian pemeliharaan distrinbusi dan pembangkitan serta administrasi dan keuangan untuk menunjang pencapaian sasaran kinerja perusahaan.


2.4.1.3.1.     Supervisor Transaksi Energi
Melaksanakan koordinasi dan pengendalian fungsi pembacaan meter, pembuatan rekening listrik, penjualan tenaga listrik dan losis non teknis. Meng-koordinasikan perencanaan, pengoperasian  dan pemeliharaan Analis Pelayanan Pelanggaran (APP) menjaga ketersediaan dalam Analis Pelayanan Pelanggaran (APP) sesuai standar yang ada / berlaku.
2.4.1.3.2.      Supervisor Pengendali Susut
Mengawasi dan menyerahkan langkah kegiatan pemeliharaan meter transaksi serta perbaikannya agar keandalan system pengukuran tetap terjaga.
2.4.1.3.3.      Supervisor Pemeliharaan Meter Transaksi
Mengawasi dan mengarahkan langkah kegiatan pemeliharaan meter transaksi serta perbaikannya agar keandalan sistem pengukuran tetap terjaga.


2.4.1.4.       Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi
Mengawasi, maleksanakan dan mengendalikan aktifitas pelaksanaan fungsi keuangan / akuntansi, administrasi, pengendalian piutan, sumber daya manusia (SDM), sekretariat dan rumah tangga kantor, serta mengatur koordinasi dan pengendalian fungsi  pelayanan pelanggan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi unit kerjanya.
2.4.1.4.1.        Supervisor Pelayanan Pelanggan
 Melaksanakan pengawasan dan pengelolaan fungsi admisistrasi pelanggan dan pembukuan pelanggan, untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan.
2.4.1.4.2.       Supervisor Administrasi Umum
Mengatur dan mengarahkan kegiatan, anggaran, keuangan, akuntansi, sekretariatan meliputi surat menyurat, rumah tangga, kebutuhan fasilitas / sarana kerja dan pemeliharaan sarana kerja serta keselamatan dan kesehatan kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Merencanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan proses akuntansi yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi unit kerjanya sesuai dengan kebaikan dan standar yang berlaku, sehingga informasi yang dihasilkan dapat tersaji secara akurat, informative dan tepat waktu.
Unit Organisasi Jenjang kedua PT. PLN (Persero) Area Bulukumba terdiri dari 7 Rayon sebagai berikut:
1.         Rayon Panrita Lopi
2.      Rayon Bantaeng
3.      Rayon Jeneponto
4.      Rayon Sinjai
5.      Rayon Tanete
6.      Rayon Selayar
7.      Rayon Bonto Bahari


BAB III
KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN SOLUSINYA
3.1.      KENDALA
3.1.1.   Selalu dimulai dengan tidak paham atau tidak sepaham dengan pekerjaan selama melayani masyarakat.
3.1.2.   Masih minimnya pengetahuan saya dalam tata cara dan pelaksanaan surat.
3.2.      SOLUSI
3.2.1.   Belajar dari kesalahan adalah sesuatu perbuatan yang mencerminkan bahwa kita sabar, menghadapi pekerjaan dan kendala apapun. 
3.2.2.   menjalankan tugas sesulit apapun selalu ada jalan keluarnya, dan Alhamdulillah Allah senantiasa memberi  jalan terbaik bagi saya.
3.2.3.   Berusaha terus menerus supaya keingintahuan tetap menyala, untuk mendapatkan hasil yang baik dan sempurna.    

 
BAB IV
PENUTUP
4.1.      KESIMPULAN
                        Pelistrikan yang pertama di bangun di kota ini yang dulunya di sebut kota Makassar adalah sekitar tahun 1914 dengan menggunakan mesin uap yang berlokasi di pelabuhan, dimana penyaluranya masih sangat terbatas.
                        Oleh karena itu, PLN dalam beberapa tahun terakhir ini setelah berubah statusnya dari perum (Perusahaan Umum) menjadi Perseroan dan sejalan dengan perubahannya pula status PLN Bulukumba dari Ranting menjadi Cabang, PLN telah 7 (Tujuh) kali terjadi pergantian Manajer dengan demikian bahwa PLN Area telah berkembang dengan pesat sesuai dengan era modern.
4.2.      SARAN
4.2.1.   Saran penulis yaitu bahwa, semoga dengan adanya laporan ini diharapkan pembaca dapat memberikan saran dan kritik agar pembuatan laporan ke depanya dapat lebih baik lagi.
4.2.2.   Semoga dengan adanya laporan ini dapat membantu dan memudahkan pembaca dalam mengetahui sejarah PT. PLN (Persero) Wilayah Sulsel, Sultra & Batara.

 


 











    


3 comments: